slide

Firefox 4.0


Mozilla baru saja memperbarui roadmap produk untuk tahun 2010. Dalam rancangan pertama, browser itu akan mendapatkan update minor pada kuartal keempat tahun 2009 maupun kuartal kedua tahun 2010. Versi 4.0 dijadwalkan dirilis Oktober atau November 2010 dan menyajikan antarmuka pengguna dan integrasi sinkronisasi browser yang baru.
Sementara ini versi 3.5x akan diperbarui dengan versi 3.6, yang diberi nama kode Namoroka dan saat ini tersedia sebagai alpha 1 release. Software ini akan memiliki Javascript engine yang lebih cepat dibandingkan milik versi 3.5, waktu startup yang lebih cepat, dan memperbarui Gecko layout engine dar versi 1.9.1 ke 1.9.2. Mozilla juga menjanjikan theme integrasi Windows 7 yang disebut Personas, maupun fitur pelengkap form yang disebut awsomeformcomplete.

Yang paling menarik, versi 3.6 akan memperkenalkan Fennec 1.0. Ini adalah versi mobile dari Firefox, yang juga akan menggunakan Tracemonkey Javascript engine.

Roadmap draft itu mengesankan bahwa Firefox 3.7 akan muncul pada kuartal pertama atau kedua tahun depan, dengan pembaruan fennec v1.1 browser, Gecko engine versi 1.9.3, dukungan untuk animasi XUL, task-oriented browsing, out-of-process plug-ins demi kestabilan software, sinkronisasi bookmark online, maupun peningkatan di Tracemonkey dan pageload. Mozilla baru-baru iin merilis Firefox 3.7 sebagai versi pre-alpha 1 dan menujukannya pada para pengembang.

Jika informasi pada roadmap draft itu tepat, Firefox 4.0 akan hadir Oktober atau November tahun depan. Belum diketahui pembaruan apa saja yang akan disajikan browser tersebut selain update minor untuk Gecko (ke versi 1.9.4), antarmuka pengguna yang baru untuk semua platform dan Fennec 2.

6 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas kunjungannya dan jangan lupa mampir lagi

Pengikut