Rabu, 18 Mei 2011

cara menggunakan wavelab

Pada dasarnya artikel ini masih nyambung dengan "mastering lagu" hanya lebih detail lagi dan saya mencobanya sendiri sangat memuaskan hasilnya.Projek saya pertama buat di FL 8 karena sedang iseng dan setelah aransemen semua sudah masuk kemudian disimpan dengan format wav, mungkin lain kali akan saya tulis artikel "cara menggunakan FL".

Seperti biasa buka wavelab dan ambil projek dengan format wav tersebut, hal pertama yang dilakukan adalah menditeksi frekuensi apakah ada yang rusak atau tidak yaitu dengan cara blok dulu semua.

Nah selanjutnya lihat saja gambar dibawah ya sudah saya lingkar yang dirubah kemudian klik "detect all error"

Bila selesai selanjutnya kita akan mengatur equalizernya dengan mengklik proces dan klik EQ... atau bisa menggunakan ctrl + Q.lihat gambar dibawah.

Akan muncul tampilan Parametic Equalizer dan lihat bundaran gain saya isi dengan +5 db, bundaran sebelah kanan +2 dB kemudian bila selesai klik psoses, sebenarnya sesuai kebutuhan sih besar kecil frekuensi wav tersebut bila dirasa masih bisa ditambah ya ditambah saja. sedikit penjelasan kalau kita menambah gain maka hasilnya suara akan lebih keluar dan besar dan bila menambah high self atau bundaran yang kanan maka suara yang dihasilan lebih treble atau ngecis bahasa gaulnya tidak ngebekem.
Bila semua proses diatas sudah dijalankan loh kok ketika di play suaranya besar sekali melebihi 0 dB..... he.... jangan takut disinilah tugas PSP Vintage meter.lanjutannya ikuti tutorial pertama "mastering lagu" isi kolom effects dengan psp vitage meter .........
Bila selesai tinggal encode saja ke mp3 dan tring.... hasil mantap coy...... selamat mencoba kalau ga mencoba mana tau........

Contoh hasi home recording saya :

3 komentar:

  1. thank's banget om, sangat membantu :)

    BalasHapus
  2. Permisi mas , mau nanya ni software yang dibutuhkan untuk recording apa aja ya , aku mau beli, pingin belajar recording lagu :) kebetulan aku uda banyak buat lagu tapi terabaikan :) aku ada alat musik cuma 2 disini gitar sama bass aja , mohon ya pencerahannya untuk newbie <<<< email saya fadliefhadillah@gmail.com
    salam kenal mas :)

    BalasHapus
  3. mas mau tanya itu wavelab versi apa yah.. sya udah denger lagunya keren, kualitas soundnya bagus..

    BalasHapus

Terimakasih Atas Kunjungannya