Borobudur


Belakangan ini banyak sekali kasus kebudayaan Indonesia yang di klaim oleh negara tetangga dan sebagai orang Indonesia saya merasa kasihan dan ingin sekali membantu mempromosikan Objek wisata yang ada di Indonesia kepada dunia,dan saya juga menyesal kepada Discovery Chanel yang telah senbarangan memasang iklan pariwisata tanpa konfirmasi terlebih dahulu siapa pemilik kebudayaan tersebut.Saya melihat Indonesia lebih banyak kebudayaan bahkan ratusan jumlahnya sedangkan tetangga bisa dihitung pake pake jari, makanya dia
mengklaim banyak sekali kebudayaan Indoseia yang berfariasi.Dari pendapatan wisata ternyata lebih besar dari pada yang lainnya negara tetangga itu, lah kenapa kita tidak bisa....makanya jika saja dunia tahu semua kebudayaan kita dan mau berkunjung bukannya tidak mungkin kita akan menjadi negara yang termakmur di Asia.

Ok itu sedikit unek-unek yg ada dikepala saya dan kali ini saya akan bercerita tentang Borobudur.

Borobudur ialah kuil atau candi agama Buddha yang terletak di desa Boro , Kabupaten Magelang, Yogyakarya, Jawa Tengah, Indonesia. Borobudur terletak kira-kira 100 km di barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Luasnya 2500 km persegi.

Borobudur adalah stupa Buddha mazhab Mahayana, dan monumen Buddha terbesar di dunia. Ia dibina antara tahun 750 dan 850 masehi oleh pemerintah Jawa Dinasti Sailendra dan Sanjaya.

1950 Sejarawan J.G. de Casparis kajian Ph.D beliau menyatakan Borobudur adalah tempat pemujaan. Dengan analogi prasasti Karangtengah dan Kahulunan , Borobudur dibina oleh raja dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga sekitar 824. Candi raksasa hanya siap 50 tahun kemudian ketika puterinya Ratu Pramodhawardhani memerintah . Kuil Borobudur dibina atas tanah bukit hanya setinggi 265 meter dari dasar laut dan 15 meter tinggi.

Jika Mesir berbangga dengan piramid dan Sphinx, China dengan Tembok Besar , Kemboja dengan Angkor Wat maka warga Indonesia berbangga dengan Borobudur.

5 komentar:

  1. Borobudur sangatlah megah.
    borobudur kalo dilihat dari atas taernyata bagus banget.
    iya benar, peninggalan yang patut dibangga-banggakan di neberi ini. dan kita harus bangga telah memilikinya.
    mari kita jaga dan tingkatkan kebudayaan indonesia biar tidak direbut oleh bangsa lain yang iri!
    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

    BalasHapus
  2. Jangan - jangan ini nanti dipindah ke malaysia juga kalo di klaim kan gak mungkin tuh, tapi kalo di pindah mungkin nggak ya ???

    BalasHapus

Terimakasih Atas kunjungannya dan jangan lupa mampir lagi