Minggu, 04 Agustus 2013

Cara Menggunakan Cubase

Cara menggunakan cubase sebenarnya hampir mirip dengan nuendo namun tentu ada perbedaan didalamnya tetapi saya tidak akan membahas persamaan dan perbedaan tetapi cara menggunakan cubase untuk pemula.Baiklah langkah pertama yaitu bkalah program cubase yang sudah terinstal tentunya yang full version bila tidak maka proyek yang akan kita kerjakan tidak bisa di simpan (save).
(Gambar 1)
Setelah di klik maka yang pertama kali muncul adalah seperti gambar 1, ada berbagai pilihan dalam box tersebut bila sudah pernah melakukan traking namun bila proyek tersebut baru maka klik "New Projet".
(Gambar 2)
Setelah klik maka munculah seperti gambar 2, disitu terdapat beberapa pilihan yang bisa kita pakai namun bila anda bingung pilih saja "empty".
(Gambar 3)
Nah kemudian dimanakah projek kita akan disimpan,tinggal pilih saja.
 (Gambar 4)
Untuk membuka tracking lihat gambar diatas
(Gambar 5)
Nah akan munculah lembar kerja cubase seperti gambar 5 diatas, saya sudah sedikit memberikan petunjuk supaya bisa sedikit membantu dalam menjalankan program cubase ini.
Setelan standar ini sudah bisa tracking audio atau merekam alat musik dan juga midi supaya bisa menghasilkan lagu atau musik instrumen.Bagi yang baru belajar dengan Cubase ini pasti akan mengalami kesulitan karna melihatnya saja kepala udah pusing, tapi jangan menyerah sob jika sudah menguasainya maka akan menjadi pemacu dalam bermusik, kita punya ciptaan lagu dan bisa dituangkan ke dalam Cubase ini.
Semoga bisa bermanfaat dan by-by.

Untuk melihat hasil recordingnya silahkan lihat :



Contoh home recording yang saya buat :
Gunakan Headphone supaya mendapat audio maksimal





Artikel terkait :
 

92 komentar:

  1. Cubase emang susah awalnya, tapi kalo udah kenal jadi gampang

    BalasHapus
  2. out put cubase saya ga bunyi,. kenapa ya?? setingannya apa ada yg salah??

    BalasHapus
  3. Johan@ Bisa juga setingan souncardnya.pilih aja biasanya asio4all.cek saja satu-satu.

    BalasHapus
  4. trus kalo mau buat drum midi di cubase gimana caranya gan?? please jeasin dari awal yaa.... Pemula bgt niiiich... trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pribadi memakai Program EZdrumer.Instal dulu EZ drummer nanti Cubase akan secara otomatis mendetek Software Ezdrumer tersebut.Tinggal menjalankan Cubase dan setting di midi outnya Ezdrummer.Nanti aka saya posting tersendiri cara menjalankan EZ drumer di Cubase.Sekarang saya baru ganti laptop yang 64 bit sedangkan Cubase saya masih yang seri 5 jadi ga bisa.Dalam waktu dekat saya akan beli yang seri 6 yang sudah bisa dijalankan di laptop bit 64.

      Hapus
    2. Punya q bisa bro cubase 5 di laptop 64bit

      Hapus
  5. Kl pengen masang vst bass gmn.. Q uda coba donloat superriff bass! Pas uda di extract cuma ada fill .dll za, g da setup.exe
    Kya ez drummer kn ada setup.exe nya.. Mohon pencerahannya. Ato kl bisa q mnta fb nya gan biar bisa konsul langsung.. :) bru 2 mnggu lalu instal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Copy file dll nya ke C>Program Files>steinberg>Cubase 5>VST plugin.Nah di folder ini bisa di paste kan.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  6. Balasan
    1. Ga bisa ngerecord gimana yah bisa diperjelas?

      Hapus
  7. mas ada no telp yang bisa di hubungi ga? mau dong utk konsultasi langsung via phone.. thanks faisal 087808870008

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gimana nih ? Sudah berhasil direkam dan ada barnya tetapi tidak terdengar audionya atau gimana.
      Apakah sudah di seting soundcardnya.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  9. gimana caranya yach download aplikasinya

    BalasHapus
  10. saya mau tanya cara download aplikasinya,,.,

    BalasHapus
  11. bagai mna cara memberi backing vocal lngsung dri software.x...?

    mohon d jwb...

    btuh bnget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau satu-satu yang jelas vokal utama dulu tracking setelah selai baru track kedua untuk backing vokalnya.Tetapi kalau yang dimaksud biar langsung ada backingnya ya minimal ada dua orang yang nyanyi.Satu untuk vokal utama dan satu lagi untuk back vokalnya tetapi akan sulit di mixing kalau langsung backing vokal karena filenya akan jadi satu.

      Hapus
  12. mksud.x bgaimana biar suara trsebut byar gk sma..


    cz perlu bnget info.x

    bru pemula

    BalasHapus
  13. Gan cara membuat komputer kita sebagai sound control atau pengganti ampli saat merekam gimana ya ?

    BalasHapus
  14. gan saya mau nanya ni ,
    efek" yang di pakai thirteen kaya gmana yah
    bikinnya ??

    BalasHapus
  15. Para master saya mau nanya, knp pas kita udh ngerekan midi sama audio biasa (vokal dkk) pas kita milih audio mixdown yg ke save cm vokal dkk, midinya ga kebawa. knp ya ? apa ga bisa di save semua bersamaan atau hanya bisa satu-satu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditarik dulu bagian atasnya sampai akhir lagu (pastikan keblok semua sampai akhir lagu).Nanti saya akan tambahkan postingan di atas.Makasih

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. mas jack nya sdh tak pasang sesuai petunjuknya tp kok aku ga bisa monitor suara/musik yang tak rekam ya...caranya gimana biar musik yang saya rekam bisa juga saya monitor...tolong mas...please...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu.Coba klik gambar sound di kanan bawah komputer/mixer/systemsound/recording/microphone/propertis/device usage jadikan Enable.

      Hapus
    2. Mba itu dari kaset Pita apa CD.Masukinnya jack pada line in yah.

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum kang :)

    Saya mau tanya, cara merekam instrument dari fruity loops ke cubase gmn ya ? saya udh copy file .dll ke cubase dan udh ke ditek sama cubasenya. trs saya coba rec instrument tersebut tp ga kerekam, tolong kasih tau ya :)

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang saya lakukan buat dulu instrumennya di FL kemudian simpan dengan bentuk WAV.Tutup FL kemudian buka Cubase dan lembar kerjanya kemudian panggil file wav tersebut atau jika ingin mudah drag saja file wav itu ke lembar kerja Cubase.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Mba saya minta wavnya aja nanti saya bantu mixing.

      Hapus
  20. Cara mengedit suara agar tidak terdapat suara kresekkresek atau agar suara terdengar halus atau enak...terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memakai plugin compresor, jika ada bar yang tidak terpakai sebaiknya di silent saja.Contoh kita sedang tek vokal nah ada jarak yang tidak mungkin kita potong maka blogk bar tersebut kemudian klik kanan/proces/silent.
      Maka suara yang tidak perlu akan hilang misal bunyi gesekan atau yang lain.

      Hapus
  21. gan cara memainkannya gmna ya,biar menghasilkan bunyi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klik aja tombol record yang merah sebelum play.

      Hapus
  22. buat scoring gitar bass dll chenel brapa?trus gmana ngerubah chenelnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nih ga mudeng kalau masalah peletakan sih dimana saja paling saat mixing saja eq 1 = high pass 1 dan eq 2 = Low pass 1.
      Maksudnya biar suara bass tidak menggulung suara yang lain.

      Hapus
  23. Bro gimana cara setting tempo ya? maksudnya dalam satu trak dan satu lagu terdapat tempo beda beda. Kayak lagu2 metal kan temponya beda beda dalam 1 lagu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya bukan temponya yang dirubah, temponya mah tetep namun cara mainnya saja, contoh dengan tempo standar biasanya satu kali jatuh ketukan metronom dua kali kcocokan munci (wah bahasanya gaula nih he...). Namun pertengahan lagu menjadi pelan yaitu satu kali jatuh ketukan metronom satu kali kocokan kunci.
      begitu kira-kira...

      Hapus
  24. gan klo soundcard yng bguz merek pha n kira'' kna bajet brapa, junior bnget nie gan, mohon di bantuin,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kalau yang bagus banyak tetapi harganya yang kurang bagus di dompet he.... kalau saya sendiri karena duit paspasan saya pakai Xenyx 502 lumayan harganya murah cuma 500 ribuan sudah ada phantompowernya buat vokasil he.....
      Lumayan hasilnya sekelas Home recording.

      Hapus
  25. gan,...
    mohon pencerahannya,
    bagaimana membuat suara mtronom di cubas ini terdengar lebih keras,... soalnya waktu take guitar, suara mtronomnya terdengar samar, gw uda otak atik tapi tetep aja masih samar,
    maklum lah pemula

    mohon dibalas yah,...
    makasih banyakk.... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kasus yang ini liat aja langsung yah hasil postingan saya. http://sumberblog.blogspot.com/2013/04/cara-menaikan-volume-metronom-di-cubase.html

      Hapus
  26. permisi gan..numpang tanya ni. kalau kita take, tapi track2 yang lain ko` ikut ke record. kira2 apanya yang slh ya?? saya pake cubase 5. trim`s sblumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek tombol recordnya mungkin di setiap track masih menyala.Matikan semua cukup nyalakan satu track saja yang ingin kita record.

      Hapus
  27. mantap sudah sya coba hasilnya lumayan bagus, cuma mau tanya batas inputnya pasya di min brapa kalau take, trus mixingnya brapa outputnya, dan mastering brapa yang pas. trimakasih mohon saranya,gan

    BalasHapus
  28. mantap sudah sya coba hasilnya lumayan bagus, cuma mau tanya batas inputnya pasya di min brapa kalau take, trus mixingnya brapa outputnya, dan mastering brapa yang pas. trimakasih mohon saranya,gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sendiri biasanya 3 detik awal dan 3 detik akhir, memang sih sebetulnya ada aturannya tetapi menurut saya kasih ruang awal beberapa detik jangan lamgsung take nanti kepotong kalau sudah di mixdown dan diputar di winamp.
      Tips dari saya saat proses mixing bukalah mixer di nuendo/cubase atau tekan f3 biar cepet nah disitu aturlah volume masing masing track apakah ada yang clip atau tidak, yang pertama di dengarkan yaitu drum,bass dan vokal dulu. Kalau saya biasanya sama besar volumenya karena saya sangat suka suara drum yang keluar daripada yang mendem, kemudian instrumen lainnya atur sendiri biar tidak clip.Kemudian bila sudah slesai dan tidak clip tambahkan Limiter di master outputnya.
      Silahkan di mixing memakai wavelab.
      Saya sendiri ada metode yang lebih praktis untuk menaikan suara drum biar lebih keluar tetapi tidak menutupi yang lain, nanti akan saya posting.
      Contoh diatas belum dapat yang maksimal sih tetapi lumayan untuk awal recording he.... nanti akan saya cantumkan hasil yang lebih sempurna daripada yang diatas.
      Thanks

      Hapus
  29. bro saya pake cubase, nah tampilan metronomnya hlg jd saya g bs seting temponya... gmn cranya biar muncul lag tampilan metronom

    BalasHapus
  30. bro, ane mau nanya, ane kan udah instal addictive drum, trus ane hapus di program C nya(bukan di uninstal) trus ane mau instal lagi tu addictive drum kok ga bisa ya, di pemberitauannya bilang hapus dahulu addictive drum yang anda instal.

    mohon pencerahannya bro.

    BalasHapus
  31. gan cara ndengerin rekaman kita gmana?

    BalasHapus
  32. saya mau nanya Om, beli sftwarenya dimana ya? trimakasih

    BalasHapus
  33. saya mau nanya Om, beli sftwarenya dimana ya? trimakasih

    BalasHapus
  34. saya mau tanya gimana caranya hasil rekaman di cubase biar gak bocor? terimakasih

    BalasHapus
  35. saya mau tanya gimana caranya hasil rekaman di cubase biar gak bocor? terimakasih

    BalasHapus
  36. saya mau tanya gimana caranya hasil rekaman di cubase biar gak bocor? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lebih spesifik lagi ga ?
      Bocor dimananya, apakah saat record alat ?
      Atau record vokal ?

      Jika semua dilakukan dengan benar maka tidak akan ada kebocoran.

      Atau bocor suara noise atau ground , kalau yang ini cek peralatan anda.

      Hapus
  37. adamyg bisa share ga aplikasi CUBASEnya

    BalasHapus
  38. saya mau tanya saat merekam gitar kok suara dari luar ikut terekam? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitar akustik apa gitar listrik ?
      Bisa jadi bocor dari spull nya (pickup).

      Hapus
    2. maksudnya suara motor atau orang ngomong ikut kerekam!

      Hapus
    3. Berarti itu masuk dari spullnya bos, spulnya harus ganti sama yang lebih baik karna sudah bocor.

      Hapus
  39. mas..sya lg belajar utk operator pakai cubase,klo mau menyambung/re take vocal atau mengulang take di tengah2 itu bagaimana ya..mhn peunjuk ny..terimakasih

    BalasHapus
  40. mau nanya Gan. kalo mix dowd itu gmana ya....?
    soalnya ane klo mix down suara midi drumnya kox gx ad....
    pasti cuma suara audionya ajah.
    tolong kasih tau caranya mix down dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akan buat tutorialnya biar mudah, karna kalau dijelaskan disini aga susah.

      Hapus
  41. gan kan ane beli soundcard lexicon. dapet softwarenya cubase le4. pas udah di colok gitar pas ngerekam kok gaada suaranya ya? colok mic jg gaada suaranya. apa harus pake headset dulu ya?

    BalasHapus
  42. stress bgt ngurusin ginian dari siang sampe sore wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakaka.... betul bisa bikin stress... kalau udah mumet jangan dipaksain, brenti dulu besok lanjut lagi stresnya...wakakakak.


      Coba cek di audio windowsnya apakah sudah tercentang bagian untuk recordnya belum.

      Salam stress

      Hapus
  43. ane udah ngrecord tapi kok g ada suara yang ke detek ya..... padahal waktunya sudah jalan tapi suara recordnya kosong. ane pakai cubase 5 downloadtan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama solusinya dengan diatas, cek audio windowsnya apakah bagian recordnya sudah tercentang belum.

      Atau cek di soundcardnya, sudah di centang belum.

      Hapus
  44. klu ngerekam gitar tanpa soundcard bisa gak yaa??

    maaf lagi newbie bingit :D

    BalasHapus
  45. kirim jawabannya di email yaa :)

    BalasHapus
  46. Gan ane mau nanya nih.ane kan pake efex analog tapi ane gak pake usb punya nya cuman kabel biasa.jadi pas dicubase mau take gitar gak bisa. padahal ane check di control panel recording device pas saya sentuh ujung kabel disitu ada suara masuk jadi warna hijau naik,tp dicubasenya kok gak muncul ya.yang tau tolong beri penceraha.sukur' bisa by phone.maklum msh amatir thanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalu di PC sudah masuk suaranya dan di cubase tidak berarti setelan Soundcard di Cubasenya di pilih Asio forall atau yang suport. Kalu saya coba satu-satu, dan inget jangan buka media yang yang lain saat buka Cubase seperti mp player.

      Jika sudah diganti soundcardnya close cubase lalu buka kembali.

      Hapus
  47. gan, saya baru download cubase 5 di istal sip gan, tapi kendalanya ketika gw buka vst nya, gak ada vst apa apa gan. kosong gan. saya buka juga vst instrumen semuanya gak bisa di buka gan. buka drum atau piano atau midi juga gak ada apa2 gan. gimana ni solusinya gan?

    BalasHapus
  48. jdi itu bisa digunakan untuk Arransemen musik ya...??

    BalasHapus
  49. Nggak share untuk Arransemen lagu genre Dangdut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti akan saya share dalam bentuk video :-)

      Hapus
  50. Gan sy mau nanya soal cara mempertebal hasil suara dan musik yang sudah direkam.. Punya sy sudah di rekam tapi hasil suaranya kcil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimulai dari mixing yang baik kemudian dilanjut dengan mastering yang tepat. Yang utama adalah spec komputer atau laptop yang mumpuni. Pengalaman saya minimal core i5 atau amd yang setara itu akan membuat hasil render jadi bagus.

      Hapus
  51. Bang setelah infor file midi.. Tidak ada suara keluar.. Saya pakai cubase 5.. Mohon pencerahan nya...

    BalasHapus
  52. Wah baru tau ada masalah seperti ini, nanti saya coba.

    BalasHapus

Terimakasih Atas Kunjungannya