Tip Capture layar MAC

Kalau mengcapture di layar Windows xp mungkin sangat mudah nah bila ada kendala mengcapture desktop mac ini dia tipsnya.
Secara default, Mac OS X menyediakan dua metode. Metode pertama menggunakan tool bernama Grab. Metode kedua menggunakan kombinasi shortcut.

Sekarang kita akan membahas cara capture layar menggunakan shortcut. Anda dapat melakukan capture seluruh layar dengan menggunakan shortcut [Command] + [Shift] + [3]. Selain itu, Anda dapat juga mengambil capture dari sebagian isi layar dengan menggunakan [Command] + [Shift] + [4]. Pada kombinasi [Command] + [Shift] + [4] ini sebuah kursor baru akan muncul. Klik dan tahan mouse/trackpad pada salah satu ujung dari wilayah yang ingin Anda ambil, lalu drag secara horisontal atau vertikal untuk memilih daerah yang akan di-capture. Ketika Anda melepaskan mouse, daerah layar yang terpilih tadi akan disimpan ke desktop Anda.

Sayangnya, membuat suatu screenshot dengan metode seperti ini terkadang menimbulkan effort ekstra. Misalnya, Anda mungkin akan memotong tepi-tepi gambar yang tidak diperlukan. Apalagi misalnya bila Anda ingin menggunakan elemen hasil capture tersebut untuk dokumen ataupun presentasi.

Untungnya, Mac OS X Leopard menawarkan cara untuk menyimpan screenshot elemen pada desktop Anda secara bersih, Anda dapat mengambil elemen-elemen di desktop seperti Finder, menu, icon, tanpa mengambil apa pun di latar belakangnya.

Tahan [Command] + [Shift] + [4] kemudian tekan tombol Spasi, sebuah icon kamera kecil muncul. Bila Anda memindahkan icon kamera di atas elemen yang ingin Anda ambil, elemen tersebut akan disorot. Klik mouse atau trackpad, dan Anda telah menangkap screenshot dari elemen tersebut tanpa gambar-gambar lain di latar belakangnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas kunjungannya dan jangan lupa mampir lagi