Napoleon, Ikan 'Raja' yang Dibanderol Jutaan Rupiah

Jakarta -Populasi ikan Napoleon yang langka dan dipercaya punya khasiat seksual bagi pria, membuat nilai ekonomi ikan ini sangat tinggi. Harga ikan Napoleon di dalam negeri bisa mencapai Rp 1,6 juta/Kg.
"Ikan Kerapu harganya Rp 400.000/kg, tetapi harga ikan Napoleon ini 3-4 kali lipat di atasnya. Itu per kg Rp 1,2-1,6 juta," kata Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Saut P Hutagalung kepada detikFinance, Jumat (28/11/2014).
Bahkan di beberapa tempat, penangkapan ikan Napoleon seperti di Pulau Natuna, Kepulauan Riau, harga yang dipatok jauh lebih mahal. "Mahal memang, ada yang 7 ons (700 gram) Rp 2 juta," imbuhnya.
Harga yang mahal, membuat ikan napoleon disebut sebagai ikan para raja-raja. "Ini disebut ikan raja-raja," kata Saut.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berencana membuat aturan pelarangan penangkapan ikan Napoleon, saat ini penangkapannya masih dilakukan dengan sistem kuota. Populasi ikan Napoleon Wrasse (Cheilinus undulatus) di Lautan Indonesia hanya tersisa 65.000 ekor, dan terancam punah.
Persebaran ikan Napoleon di Indonesia ada di empat lokasi sarang Napoleon di Laut Natuna, Anambas, Raja Ampat, dan Wakatobi. Konsumen paling besar ikan Napoleon adalah Hong Kong, dan Tiongkok. Pasokan utama dari Indonesia dan Filipina.
Sumber : LINK

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas kunjungannya dan jangan lupa mampir lagi