slide

Situs Palsu Paul Sigurita

Paul si Gurita yang menjadi sangat terkenal di dunia karena telah berhasil menebak pemenang dalam pertandingan piala Dunia FIFA 2010 lalu. Spamer memanfaatkan “Sang Gurita” ini dan mengirimkan spam dalam bentuk promosi ramalan.

Selain serangan spam, situs phising kali ini juga meniru situs jaringan sosial populer dan memiliki salah satu logo merk yang menampilkan berbagai karya seni. Karya seni yang indah untuk dinikmati oleh siapapun dengan menampilkan sketsa Arc de Triomphe di Paris. Situs phising kali ini memanfaatkan event Kejuaraan Dunia Cricket, ICC 2011, yang akan diadakan pada 17 Februari 2011 mendatang.
Final Kejuaraan cricket akan diadakan di Mumbai, sehingga tampilan halaman website palsu merepresentasikan Gateway of India. Saat pengguna menekan logo, akan menampilkan informasi pertandingan. Di bawah logo adalah ikon para sponsor dan kanal olah raga di India yang akan menayangkan kejuaraan. Jadwal pertandingan-pertandingan telah ditetapkan dan tiket sudah dapat dibeli sejak 1 Juni 2010.



Situs phising mengklaim pengguna bisa mendapatkan tiket pertandingan dengan memasukkan kredensial login. Jika para penipu sukses dengan umpan ini, pengguna akan memberikan kredensial login dengan harapan mendapatkan tiket ke Kejuaraan Dunia Cricket. Situs phising dihost di domain web hosting gratis. Url nya mengandung kata-kata yang menyatakan bahwa konten berhubungan dengan Kejuaraan Dunia.

Ringkasan lanskap bulanan, spam kategori kesehatan naik 13% di bulan Juli, dibandingkan dengan bulan Juni.

Hal-hal agar yang sebaiknya dilakukan adalah

    * Berhenti berlangganan dari milis-milis sah jika Anda tidak ingin menerima pesan lagi. Ketika mendaftar untuk menerima email, periksa item-item tambahan apa saja yang Anda inginkan pada saat yang sama. Jangan memilih item yang tidak Anda inginkan.
    * Selektif dalam hal situs-situs tempat Anda mendaftarkan alamat email Anda.
    * Hindari menampilkan alamat emai Anda di Internet. Pertimbangkan pilihan alternatif- misalnya, gunakan alamat tersendiri ketika mendaftar pada milis tertentu, miliki beberapa alamat email untuk berbagai tujuan berbeda, atau carilah layanan email sekali pakai.
    * Dengan menggunakan petunjuk yang disediakan oleh administrator, laporkan spam jika Anda memiliki pilihan untuk melakukannya.
    * Hapus semua spam
    * Hindari mengklik pada link mencurigakan dalam email atau pesan IM, karena bisa saja akan menghubungkan ke situs palsu. Kami menyarankan untuk mengetik alamat situs langsung pada browser daripada percaya pada link dalam pesan.
    * Pastikan bahwa operating system selalu up to date dengan update terbaru, dan gunakan paket software keamanan yang komprehensif. Untuk informasi lengkap perlindungan Symantec di http://www.symantec.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas kunjungannya dan jangan lupa mampir lagi

Pengikut