Kabel Laut Taiwan Putus, Koneksi Internet Terganggu


TAIPEI, KOMPAS.com - Jaringan kabel laut di Taiwan yang menghubungkan jaringan intrenet Asia dengan Amerika putus akibat topan Morakot yang melanda kawasan negara pulau tersebut Sabtu (8/8). Namun, pihak berwenang Taiwan menjanjikan hal tersebut tidak mengganggu akses telekomunikasi.

"Kami kira koneksi suara dan internet seharusnya sudah kembali ke level mendekati normal Kamis sore ini," ujar TF Leng, Presiden International Business Group Chunghwa Telecom, perusahaan telekomunikasi Taiwan mengoperasikan kabel tersebut bersama konsorsium, dikutip Reuters. Proses recovery diperkirakan rampung sampai 90 persen sore ini.

Beruntung, topan tidak memutus seluruh kabel namun hanya sejumlah kabel dalam satu jaringan. Insiden ini tidak separah putusnya kabel laut pada tahun 2006 akibat gempa dahsyat.


Kabel laut tersebut merupakan infrastruktur utama yang melayani trafik data dan suara dari Asia Timur ke Amerika Serikat. Akibat putusnya kabel tersebut, akses internet di sejumlah negara seperti Taiwan, Hong Kong, Singapura, dan Filipina dilaporkan melambat.

Proses perbaikan penuh diperkirakan memakan waktu sampai dua bulan. Perusahaan telekomunikasi Taiwan yang mengoperasikan kabel tersebut menyatakan sudah bekerja sama dengan sejumlah operator lainnya untuk mengalihkan trafik ke jaringan alternatif untuk sementara waktu.

2 komentar:

  1. Iya nih mas
    jadi inget dolo pas taon 2006 akses lambat banget. buka google aja ga bisa

    BalasHapus
  2. Daya tangkap sinyal broadband saya juga melemah kemaren. heran tanya kenapa pas ngeliat lintasberita ternyata emang putus lagi nih kabel

    BalasHapus

Terimakasih Atas kunjungannya dan jangan lupa mampir lagi