Selasa, 11 Agustus 2009

Hemat Biaya, Sekolah-sekolah di AS Manfaatkan Komputer Virtual

Penanggungjawab IT di sekolah tersebut menetapkan bahwa NComputing merupakan solusi terbaik untuk memberi akses penggunaan komputer yang seluas-luasnya bagi siswa. Dengan menggunakan NComputing, maka sekolah tidak perlu menambah staf IT ataupun merubah infrastruktur yang bisa menimbulkan masalah biaya besar di masa mendatang. NComputing virtual desktop dapat terus menerus digunakan oleh lintas generasi siswa tanpa memerlukan pemeliharaan.

"Membeli PC terlampau mahal harganya, di samping itu kita juga akan kewalahan menyediakan supportnya," kata Mike Diaz, asistean direktur teknologi Tangipahoa. "Kami hanya memiliki empat staf teknis untuk menangani 19.500 siswa dan tidak ada dana stimulus untuk penambahan tenaga teknis," tambahnya.

"Ncomputing menjawab semua permasalahan kami. Kami sangat kagum dengan kinerja serta penghematan energi yang terjadi dengan menggunakan NComputing. Sekarang kami bisa membeli komputer untuk tiga siswa dengan harga setara untuk pembelian satu komputer biasa. Dengan penambahan komputer di tiap kelas, berarti memberikan waktu yang lebih banyak bagi tiap siswa untuk menggunakan dan meningkatkan keterampilan komputer mereka," jelas Diaz.

Solusi NComputing didasarkan pada fakta sederhana, yaitu: PC sekarang memiliki kapasitas yang sangat besar sementara sebagian besar aplikasinya hanya menggunakan sedikit saja dari kapasitas yang ada. Dengan NComputing, sebuah komputer dapat digandakan (divirtualisasi) dengan memanfaatkan kapasitas yang tidak terpakai sehingga dapat digunakan bagi banyak pengguna. Setiap pengguna dapat menikmati akses computer hanya dengan menghubungkan NComputing pada komputer yang akan digunakan bersama.

Tidak seperti solusi desktop virtualisasi lainnya, Ncomputing sangat efisien dan paten sehingga mampu menjalankan program multimedia yang rumit sekalipun serta mampu menghasilkan tampilan video dengan layar penuh. Setiap alat NComputing hanya memerlukan satu watt listrik saja, yang mana otomatis akan mengurangi suhu panas dalam ruangan. Hal ini merupakan pemangkasan biaya dan listrik yang sangat berarti dibandingkan jika menggunakan komputer biasa. Banyak sekolah yang telah mengunakan NComputing untuk praktek komputer di dalam kelas, laboratorium, perpustakaan maupun di kantor.

"NComputing adalah solusi terbaik bagi sekolah sekolah, karena dapat mengurangi biaya infrastruktur dan biaya pemeliharaan komputer secara drastis. Dengan kata lain, NComputing dapat mengurangi biaya pengeluaran yang besar untuk jangka panjang," kata Stephen Dukker, Chairman dan CEO NComputing. Lebih dari 1.500 wilayah negara bagian di Amerika termasuk 7 sekolah yang masuk 10 besar, telah menghemat ratusan juta dolar dengan memilih NComputing.

Apa yang telah dilakukan oleh sekolah di Amerika dapat menjadi referensi bagi sekolah dan lembaga pendidikan di Indonesia dalam memperluas akses komputer bagi siswa. Menggunakan NComputing berarti melakukan penghematan hingga 50 persen pada harga pembelian komputer, 70 persen biaya pemeliharaan, dan 90 persen penghematan biaya listrik.

7 komentar:

  1. wah mantap
    enak nih belajar depan kompi doang bil ngemil
    hehehe

    BalasHapus
  2. Ini bisa jadi metode homeschooling terbaru mas

    BalasHapus
  3. oia mas...link uda kepasang. Link me back yah
    btw, nice posting

    BalasHapus
  4. wah makin mantap aja nih haris..hehe..:)

    BalasHapus
  5. hebat bener...
    pantassan mereka maju
    buar efisiensi tapi juga memberikan keuntungan bagi mereka

    BalasHapus
  6. makasih kunjungannya...
    ulasan teknologinya sip.. .^^

    *browsing di google dulu... hehe

    BalasHapus
  7. berkunjung lagi mas
    ditunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus

Terimakasih Atas Kunjungannya